Ilmu Sejarah dan Antropologi


Sejarah mempunyai pengertian rekonstruksi masa lalu tentang apa saja yang sudah dipikirkan, diucapkan, dilakukan, dirasakan, dan dialami oleh manusia. Prof. Sartono Kartodirdjo, membagi sejarah menjadi dua pengertian, pertama sejarah dalam arti subjektif dan sejarah dalam arti objektif. Sejarah dalam arti objektif adalah suatu konstruk bangunan yang disusun penulis sebagai suatu uraian atau cerita. Sejarah dalam artian objektif mampu menunjukan kepada kejadian atau peristiwa itu sendiri, ialah proses sejarah dalam aktualitasnya.

Sedangkan antropologi, secara etimologis berasal dari bahasa Yunani, terdiridari kata antropos yang artinya manusia, dan logos yang artinya ilmu.Antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia dan kebudayaan secara menyeluruh.  Di satu pihak manusia adalah pencipta kebudayaan, dipihak lain kebudayaan yang menciptakan manusia sesuai dengan lingkungannya.

Akar antropologi modern dan sejarah terletak pada para penulis Abad Pencerahan di Skotlandia. Kames, Millar, Smith, Robertson, Hume, dan lainnya. Mereka berspekulasi dengan cara komparatif dan historis tentang perkembangan masyarakat di Eropa dan tempat lain. Sepanjang abad kesembilan belas ada banyak stimulasi lintas antara disiplin yang dipandang memiliki tujuan dan metode yang sama, seperti dalam karya Sir Henry Maine.

     Dalam periode yang sama, banyak sejarawan menunjukkan peningkatan penyerapan dalam analisis dokumenter dan konsentrasi pada kelas atas, terpelajar, dan sejarah politik dan konstitusional. Ini semakin memperlebar jurang antar disiplin. Diyakini bahwa antropologi adalah ilmu yang mencari hukum umum, sejarah seni dan peduli dengan yang khusus. Bentuk penjelasan yang diterima dalam antropologi adalah dalam konteks-konteks atau fungsi, dalam sejarah itu dalam hal peristiwa pendahulu

       Antropologi sosial didasarkan pada studi intensif komunitas kecil. Hal ini telah memperkuat karya-karya perintis sejarah lokal dan menjadikan periode antara tahun 1960 dan 1980 sebagai masa keemasan studi komunitas historis di Inggris, Prancis, Amerika, dan di tempat lain. Dikombinasikan dengan revolusi arsip pasca perang yang memberi para sejarawan sumber-sumber yang jauh lebih luas, sekarang mungkin untuk mencoba rekonstruksi 'total' komunitas-komunitas masa lalu dalam jangka panjang. Perendaman dalam berbagai hubungan sosial yang menghubungkan individu-individu ini secara sadar menarik perhatian para antropolog.

Anonymous Mexican ‘castas’ painting from the eighteenth century
from the National Institute of Anthropology and History, Mexico City, Mexico

Antropologi adalah unik di antara humaniora dan ilmu lain melalui tiga elemen yang berbeda.

   
1. Relativisme Budaya: Kami mencoba menilai budaya dengan aturan dan standarnya sendiri sebagai lawan menerapkan prasangka dan gagasan kami sendiri. Ini tentu saja tidak berarti bahwa semuanya berjalan, tetapi itu berarti bahwa hal-hal yang kita anggap aneh itu aneh adalah hasil dari pendidikan budaya kita sendiri.

   
2. Cross-Cultural Comparison: Ini berarti bahwa kita melihat persamaan dan perbedaan lintas budaya. Adakah hal-hal yang dilakukan semua budaya? Jika ya, bagaimana mereka terwujud. Contoh bagusnya adalah bahwa hal pertama yang harus dilakukan manusia untuk bertahan adalah ekonomi. Jadi kita harus mengumpulkan makanan, menciptakan tempat tinggal dan cara lain untuk bertahan hidup, tetapi itu benar-benar terlalu luas untuk memiliki pemahaman mendalam tentang budaya, jadi kita justru melihat bagaimana hal-hal ini terwujud dan apa persamaan dan perbedaan di seluruh budaya.

   
3. Holisme: Ini adalah perbedaan utama antara Antropologi dan aliran pemikiran lain. Kami melihat budaya sebagai holistik. Ini berarti bahwa setiap elemen budaya berhubungan dengan setiap elemen budaya lainnya. Misalnya ketika Anda menambahkan teknologi baru (yaitu ponsel pintar) itu berdampak pada setiap aspek budaya lainnya. Kehidupan keluarga (Kekerabatan), Politik, Agama, Jenis Kelamin, Ras, Kelas dan yang lainnya dipengaruhi oleh teknologi baru sampai taraf tertentu.
  

Pertama, mari kita definisikan dua bidang, lalu kita dapat melihat bagaimana mereka tumpang tindih dan saling melengkapi.

Hubungan Persamaan dan Tumpang Tindih

        Antropologi, sederhananya, mempelajari semua manusia di sepanjang waktu dan di semua tempat. Apa artinya ini adalah bahwa kita melakukan segala sesuatu dari Paleoantropologi, yang merupakan studi tentang hominid purba (sisa-sisa mereka, artefak, dan pola migrasi) kembali jutaan tahun sampai ke perpecahan kita dengan kera besar, sepanjang jalan menuju antropologi perkotaan, yang merupakan studi tentang orang-orang di lingkungan perkotaan. Dan tentu saja, kami mencakup semuanya di antaranya. Bahasa, politik, koneksi sosial, ekonomi, musik, budaya, kedokteran, interaksi manusia dengan lingkungan, untuk menyebut beberapa sub-disiplin dalam antropologi. Arkeologi adalah salah satu yang besar, studi tentang peradaban kuno, dan terutama artefak mereka.

        Sejarah, di sisi lain, memiliki ruang lingkup yang jauh lebih terbatas dalam kerangka waktu. Segala sesuatu sebelum penemuan tulisan dianggap prasejarah, dan karena itu berada di luar ruang lingkup disiplin ini. Tapi itu membuatnya tidak kalah penting. Untuk sebagian besar, antropolog dan arkeolog lebih tertarik mengamati orang dan artefak. Sejarah mengamati artefak, tetapi kebanyakan catatan tertulis dan berfokus pada peristiwa-peristiwa tertentu yang mengubah gelombang zaman. Orang yang sangat penting dan yang hidupnya berkontribusi secara signifikan ke tempat kita hari ini. Usia dan periode yang mendefinisikan diri mereka melalui inovasi mereka atau melalui perang mereka atau melalui raja dan ratu mereka.

Mereka tumpang tindih dalam segala hal sejak Sumeria, Maya, Cina Kuno. Menulis adalah di mana mereka pertama kali mulai tumpang tindih, dan keduanya mempelajari orang. Satu studi semua aspek orang, rumah-rumah lain di pada peristiwa tertentu, periode, dan tokoh-tokoh yang membentuk dunia seperti yang kita kenal. Satu memberi kita pandangan yang luas, jika agak kabur dari seluruh dunia, yang lain memberi kita subjek yang diperbesar dan menunjuk dengan lebih banyak kejelasan berkat catatan tertulis yang dipelajari dan direferensi silang dengan catatan tertulis lainnya dari waktu itu.

Sejarah & antropologi adalah disiplin kognitif. Keduanya tidak objektif, meskipun sejarah sering dianggap demikian. Tetapi setiap tinjauan historiografi akan mengungkap bias sejarawan dan juga kecenderungan umum dalam menulis sejarah pada waktu tertentu. Antropologi juga subyektif. Perbedaan utama sering bermuara pada metode penelitian. Sejarawan cenderung memiliki hak istimewa atas catatan tertulis. Antropolog cenderung memberikan hak istimewa pada observasi partisipan atau artefak arkeologi dan biologi.

Antropologi melibatkan sejarah bukan sebagai satu melainkan banyak hal:
  1. perubahan sosiokultural atau diakronik;
  2. domain peristiwa dan objek yang mewujudkan sistem penandaan, tujuan, dan nilai;
  3. domain modalitas variabel dari pengalaman dan kesadaran berada pada waktunya; dan
  4. domain praktik, metode, dan teori yang dikhususkan untuk pencatatan dan analisis fenomena temporal.
Untuk studi Sejarah, Antropologi dapat membantu untuk menunjukkan hal-hal kecil yang mungkin terlewatkan oleh metode sejarah yang lebih luas, Antropologi peduli tentang kehidupan sehari-hari dari sebuah rumah tangga di Prancis pra-Revolusi misalnya, yang dapat memberi makan kembali ke studi historis dengan rincian yang sangat menarik yang dapat menyebabkan beberapa kecenderungan umum dari periode yang dipelajari. Di sisi lain, sejarah dapat membantu dalam studi Antropologi, di mana Antropologi peduli tentang struktur, adat istiadat dan seluruh hierarki sosial masyarakat, sejarah dapat memberikan beberapa bagian tentang hal-hal yang mungkin telah berubah pada generasi masa lalu dan bagaimana semua ini dipengaruhi dan mungkin mengubah beberapa norma-norma sosial yang Anda mungkin hal didirikan.

Apa hubungan mereka?

Antropologi memberi kita bagaimana mereka melakukannya. Sejarah memberi kita mengapa mereka melakukannya.

0 Comments