Revolusi Pertanian Pertama: Revolusi Neolitik (sekitar 10.000 SM)



Revolusi Neolitik, juga disebut Revolusi Pertanian, menandai transisi dalam sejarah manusia dari kelompok-kelompok kecil pengumpul-pemburu ke pemukiman-pemukiman pertanian yang lebih besar dan peradaban awal. Revolusi Neolitik dimulai sekitar 10.000 SM. di Bulan Sabit Subur, daerah berbentuk bumerang di Timur Tengah tempat manusia pertama kali bertani. Tak lama setelah itu, manusia Zaman Batu di bagian lain dunia juga mulai mempraktikkan pertanian. Peradaban dan kota tumbuh dari inovasi Revolusi Neolitikum.

Istilah ini mengacu pada periode waktu umum di mana perkembangan ini terjadi. Ini juga berlaku untuk perubahan yang terjadi: adopsi teknik pertanian awal, budidaya tanaman, dan domestikasi hewan. Revolusi Neolitik penting untuk perkembangan organisasi sosial dan teknologi.

Revolusi Neolitik menyebabkan hidup dalam permukiman permanen atau semi permanen. Karena ini lebih sedikit orang yang menjalani gaya hidup nomaden. Untuk dapat mengetahui milik siapa tanaman yang ditanam, konsep kepemilikan tanah dikembangkan. Lingkungan alami berubah, kepadatan populasi tumbuh, dan orang-orang makan lebih banyak makanan nabati dan sereal dalam makanan mereka. Hirarki berkembang di masyarakat. Gabah disimpan, dan dapat diperdagangkan. Surplus produksi dari hasil panen yang baik membantu masyarakat bertahan hidup di tahun-tahun yang buruk.

Dengan domestikasi hewan peliharaan seperti anjing, kambing, domba, dan sapi, dan tanaman, masyarakat manusia berubah. Sekarang, memiliki tanaman dan ternak, mereka tidak perlu lagi bergerak. Mereka bisa membangun pemukiman yang lebih baik. Makanan mereka juga berubah. Itu termasuk lebih banyak gandum dan sayuran. Orang-orang juga mulai memelihara dan mengelola beberapa makanan - tidak disarankan untuk makan semua biji-bijian, karena dengan demikian tidak akan ada benih yang tersisa untuk ditanam pada tahun berikutnya. Juga, ada surplus dalam beberapa tahun dan ini bisa diperdagangkan untuk barang lain dengan orang lain.

Arkeolog asal Australia, Vere Gordon Childe memberi nama Revolusi Neolitik untuk proses ini pada 1920-an. Dia berpikir bahwa itu sama pentingnya dengan Revolusi Industri (yang terjadi pada abad ke-18 dan 19).

Ada berbagai teori mengapa transisi ini bisa terjadi:
·         Teori Oasis: Iklim berubah, dan hujan berkurang. Manusia pergi untuk tinggal di atau dekat oasis di mana ada lebih banyak air, untuk dapat bertahan hidup. Beberapa hewan dan tumbuhan juga melakukannya. Itu hanya langkah kecil untuk menjinakkan beberapa hewan yang ada di sana. Teori ini didukung oleh Childe sendiri. Data iklim dari periode tidak mendukungnya.

·         Teori Hilly Flanks. Ini menunjukkan bahwa pertanian dimulai di lereng berbukit di pegunungan Taurus dan Zagros, dan berkembang dari pengumpulan biji-bijian yang difokuskan secara intensif di wilayah tersebut. Diusulkan pada tahun 1948.

·         Model Feasting menunjukkan bahwa pertanian didorong oleh tampilan kekuatan, seperti mengadakan pesta untuk menunjukkan dominasi. Ini membutuhkan perakitan makanan dalam jumlah besar yang mendorong teknologi pertanian.

·         Teori-teori demografis mengatakan bahwa populasi lokal tumbuh sangat banyak sehingga sulit untuk mendukungnya menggunakan berburu dan mengumpulkan saja. Lebih banyak makanan yang dibutuhkan daripada yang bisa dikumpulkan. Berbagai faktor sosial dan ekonomi turut mendorong kebutuhan akan makanan.

·         Teori evolusi / intensionalitas mengusulkan bahwa pertanian adalah adaptasi evolusioner dari tanaman dan manusia. Domestikasi tanaman liar dimulai dengan melindunginya. Belakangan, lokasi tempat menanamnya dipilih dengan lebih cermat. Akhirnya mereka dijinakkan.

Situs arkeologi Çatalhöyük di Turki selatan adalah salah satu pemukiman Neolitik yang paling terpelihara. Mempelajari Çatalhöyük telah memberi para peneliti pemahaman yang lebih baik tentang transisi dari kehidupan nomaden berburu dan berkumpul ke gaya hidup pertanian.

Para arkeolog telah menemukan lebih dari selusin tempat tinggal batu bata lumpur di Çatalhöyük yang berusia 9.500 tahun. Mereka memperkirakan bahwa sebanyak 8.000 orang mungkin pernah tinggal di sini pada satu waktu. Rumah-rumah itu berkerumun sangat dekat ke belakang, sehingga penduduk harus memasuki rumah melalui lubang di atap.

Sketsa Catalhoyuk,Turki.
Penduduk Çatalhöyük tampaknya menghargai seni dan spiritualitas. Mereka menguburkan mayat mereka di bawah lantai rumah mereka. Dinding rumah ditutupi dengan mural berburu pria, ternak dan dewi perempuan. Beberapa bukti awal pertanian berasal dari situs arkeologi Tell Abu Hureyra, sebuah desa kecil yang terletak di sepanjang Sungai Efrat di Suriah modern. Desa itu dihuni dari sekitar 11.500 hingga 7.000 SM.

Penghuni Tell Abu Hureyra awalnya berburu gazelle dan game lainnya. Sekitar 9,700 SM. mereka mulai memanen biji-bijian liar. Beberapa alat batu besar untuk menggiling biji-bijian telah ditemukan di situs.


Penemuan Pertanian

Domestikasi tanaman: Sereal seperti emmer wheat, einkorn wheat, dan barley adalah diantara tanaman pertama yang didomestikasi oleh komunitas pertanian Neolitik di daerah Bulan Sabit Subur. Para petani awal ini juga memelihara kacang, buncis, kacang polong, dan rami.

Domestikasi adalah proses dimana petani memilih sifat-sifat yang diinginkan dengan membiakkan generasi tanaman atau hewan yang berurutan. Seiring waktu, spesies domestik menjadi berbeda dari kerabatnya yang liar.

Petani neolitik dipilih untuk tanaman yang mudah dipanen. Gandum liar, misalnya, jatuh ke tanah dan hancur ketika sudah matang. Manusia purba membiarkan gandum yang besar tetap di batang agar lebih mudah dipanen.

Sekitar waktu yang sama ketika para petani mulai menabur gandum di Bulan Sabit Subur, orang-orang di Asia mulai menanam padi dan millet. Para ilmuwan telah menemukan sisa-sisa arkeologi dari sawah padi Zaman Batu di rawa-rawa Cina sejak setidaknya 7.700 tahun. Di Meksiko, budidaya squash dimulai sekitar 10.000 tahun yang lalu, sementara tanaman seperti jagung muncul sekitar 9.000 tahun yang lalu.

Ternak pertama didomestikasi dari hewan yang diburu manusia Neolitik untuk diambil dagingnya. Babi domestik dikembangbiakkan dari babi hutan, misalnya, sementara kambing berasal dari Ibex Persia (Capra aegagrus).

Hewan ternak pertama juga termasuk domba dan sapi. Ini berasal di Mesopotamia antara 10.000 dan 13.000 tahun yang lalu. Kerbau dan yak didomestikasi tidak lama setelah itu di Cina, India, dan Tibet.

Selama lebih dari satu abad, banyak penjelasan tentang transisi Neolitik telah diberikan oleh para arkeolog, antropolog, dan pra-sejarawan dan baru-baru ini bahkan oleh para ekonom. Meskipun secara luas disepakati bahwa episode ini sangat penting dalam sejarah manusia, tidak ada penjelasan atau teori unik dari transisi Neolitik yang karenanya terus menarik diskusi dan perdebatan sengit. Transisi menuju pertanian ini dipandang sebagai hasil dari beberapa agen tunggal yang beroperasi di Timur-Dekat pada permulaan Holocene. Perubahan iklim, tekanan populasi manusia dan alternatif yang didorong budaya, seperti pesta kompetitif, adalah beberapa penjelasan alternatif yang diusulkan dalam literatur.

0 Comments