History from Below: Sejarah Milik Semuanya

 

Panel lukisan bernama Hulde der Kolonieen dalam Kereta Emas Kerajaan Belanda



Definisi

Sejarah rakyat adalah jenis narasi sejarah yang mencoba untuk menjelaskan peristiwa sejarah dari perspektif orang biasa daripada pemimpin.

Jenis penulisan sejarah dari sudut pandang rakyat ini seringkali disebut juga sebagai history from below.

Istilah di atas dapat diartikan sebagai sejarah dari orang-orang kecil atau kelompok masyarakat yang termarginalkan.

Namun bisa juga diartikan sebagai kajian sejarah tentang aspek-aspek yang “tidak umum” dikaji sebagai sejarah.

Konsep history from below sejalan dengan paradigma sejarah dekonstruktif yang mencoba membongkar pemahaman-pemahaman sejarah lama dengan pemahaman baru tentang sejarah atau bisa juga disebut dengan melihat dari perspektif baru.

Lucien Febvre pertama kali menggunakan frasa "histoire vue d'en bas et non d'en haut" (sejarah dilihat dari bawah dan bukan dari atas) pada tahun 1932 ketika memuji Albert Mathiez karena berusaha menceritakan "histoire des mass et non de vedettes" (sejarah massa dan bukan bintang).

Berbeda dengan sejarah politik tradisional dengan fokus pada negara dan orang-orang hebatnya, tetapi juga sebagai korektif terhadap sejarah perburuhan yang terpaku pada partai dan institusi, Febvre menyerukan historiografi yang berfokus pada “rakyat biasa”.

Dalam pandangannya, mereka berdua harus dianggap serius sebagai produser sejarah, dan ditujukan sebagai penonton di luar tembok akademi.


Penyebab Hadirnya

Pendekatan revisionis untuk menulis sejarah ini bertentangan langsung dengan metode yang cenderung menekankan satu tokoh besar dalam sejarah, yang disebut sebagai teori Orang Besar (the Great Man theory).

Howard Zinn mengidentifikasi sejarah ini sebagai menceritakan kisah tentang hubungan "antara penakluk dan yang ditaklukkan, tuan dan budak, kapitalis dan pekerja, dominator dan didominasi dalam ras dan jenis kelamin.

Seperti yang disoroti oleh Zinn, salah satu dikotomi sosial yang paling tegas muncul dalam bentuk "penakluk dan yang ditaklukkan".

Ini mungkin paling baik diringkas dengan ungkapan "sejarah ditulis oleh para pemenang", yang secara populer dikaitkan dengan Winston Churchill.

Kemudian mayoritas sejarah sosial yang tradisional berfokus pada sejarah "WEIRD" (Western, Educated, Industrialied, Rich, and Democratic).

Contoh dari hal ini adalah banyaknya sejarah yang ditulis tentang monarki, tetapi lebih sedikit yang ditulis tentang masyarakat dimana mereka memerintah.

Sebagian besar istilah "WEIRD" ini menunjukkan bahwa orang-orang yang ditulis dan yang menulis berasal dari kelompok yang sama, yaitu berpendidikan dan yang paling penting, kaya.

Padahal kelas atas hanya menempati sebagian kecil masyarakat dan bukan norma, mereka adalah pengecualian.

Jadi kontribusi paling signifikan yang bermanfaat dari "sejarah rakyat" adalah bahwa ia menawarkan perspektif alternatif, sering kali bertentangan langsung dengan teori sejarah 'WEIRD' ini.

"Sejarah dari bawah"  ini juga menjadi sangat relevan dalam hal membangun pandangan menyeluruh yang inklusif tentang masyarakat.


History from Below saat ini

Pendukung "sejarah dari bawah" juga menyoroti manfaat yang dimilikinya dalam mengisi kesenjangan sosial yang signifikan dari kelas bawah yang sering diabaikan di masa lalu.

Pertanyaan penting mengenai 'sejarah dari bawah' adalah kontribusi apa yang dilakukan kembali pada sejarah yang belum pernah dilakukan oleh sejarah tradisional sebelumnya? Di sinilah 'sejarah masyarakat' paling relevan, dengan menciptakan pandangan yang lebih luas tentang sejarah sosial dan menciptakan pemahaman yang lebih baik tentang orang-orang yang mendorong perubahan sosial dari pandangan para peserta.

Saat ini telah menjadi konvensional untuk menggambarkan gerakan historiografi ini sebagai “budaya” atau “pergantian antropologis” intra-akademik yang menjauhkan dari pendekatan struktural dan diakronis statis.

Namun, ini pada dasarnya salah menilai pentingnya pendekatan yang sering berakar pada gerakan sosial dan menempatkan fungsi politik historiografi sebagai pusat kepentingannya.